UNKRISWINA SUMBA PKM di Desa Kondamara

Selasa, 10/06/2020. Program Studi Peternakan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Kristen Wira Wacana Sumba (UNKRISWINA Sumba) saat melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Dosen Mandiri di Desa Kondamara, Kecamatan Lewa, Kabupaten Sumba Timur, NTT. 

Sambil santai ya guyss rasanya seperti petugas mengetik guysss, duduk manisss, ngopiii, rangkai kalimat, sapatau ada bakat menulis guyss, mulai ya guyss, mengetik apa yang kita dengar ya guyss, meskipun sudah banyak dijelaskan oleh kakak Dosen, ambil pointnya saja ya guysss😊

Kegiatan PKM adalah salah satu kegiatan Yang dilakukan oleh Dosen dan Mahasiswa/i Program Studi Peternakan Unkriswina Sumba dengan Thema : Pengolahan Telur Menjadi Produk Telur Asap Sebagai Asupan Nutrisi Yang Sehat dalam Menghadapi COVID-19 di Desa Kondamara, Kecamatan Lewa, Sumba Timur. Kegiatan ini dilakukan untuk mengkaji produk Asap agar menjadi informasi yang baik bagi masyarakat dalam Rangka pengawetan Telur, Menjaga dan meningkatkan Nilai Gizi Pada Telur. Disisi lain juga dapat meningkatkan nilai ekonomis pada telur sehingga dampaknya masyarakat Desa Kondamara memiliki jiwa Wirausaha khususnya dalam pengolahan telur menjadi produk asap. Itu sebagian yang sudah dijelaskan oleh Dosen Unkriswina Sumba (Yessy Tamu Ina, S. Pt., M.Si) ya guyss.. 

Kita lanjut bercerita dengan adik Kristian Djawa Mehang salah satu Perwakilan Mahasiswa PKM ya Guysss, saya tanya coba adik gambarkan secara umum tentang kegiatan yang dilakukan... Begini kakak kegiatan yang kami lakukan adalah pengolahan Telur ayam menjadi telur asap dengan menggunakan Kayu Kasambi dan daun Kasambi, bertujuan untuk mengimplementasikan sebuah Ilmu yang kami peroleh Kepada Masyarakat tentang Pengawetan Produk asal Ternak yaitu Telur Asap. Kami berbagi ilmu dan melatih masyarakat tentang cara pengolahan produk hasil ternak agar kualitas dari sebuah produk tetap terjaga dan utuh. Saya cuman meresponi wahh mantap ini adik semoga ya..berjalan lancar dan masyarakat mau mengembangkan produk ini sehingga di Sumba Timur dapat konsumsi telur asap...

Adalagi ni guysss... yang paling seru disaat duduk santai bersama Kades Kondamara (Markus Daud) ia juga menyampaikan bahwa baru pertama kali di Desa Kondamara ada pelatihan produk Telur asap katanya saya sangat berterimakasih atas perhatian Kampus UNKRISWINA memilih Desa Kondamara sebagai tempat berbagi ilmu dan ia merasa bersyukur Bahwa kegiatan yang dilakukan bisa berguna bagi masyarakat Desa nantinya. 

Kita doakan ya guysss Kiranya dengan adanya pelatihan produk Telur asap,,, masyarakat dapat mempraktekan secara langsung ya Guyss...dan bisa mengolahnya sendiri sehingga nantinya masyarakat memiliki produk Telur asap  yang dapat dipasarkan untuk membantu ekonomi rumah tangga ya Guyss.

Lanjut Kades kami juga berterimakasih kepada Ibu Dosen dan Mahasiswa UNKRISWINA Sumba yang mau memberikan penyuluhan/pelatihan di Desa Kondamara dan kami berharap kedepannya akan berlangsung dengan berbagai pelatihan lainnya agar masyarakat Desa dapat Mandiri, kreatif dan mampu bersaing secara langsung di Dunia Pasaran,  kami akan memperhatikan masyarakat Desa yang mau berusaha kebetulan di Desa ini ada BUMDES bisa membangun hubungan kerjasama untuk meningkatkan ekonomi rakyat lewat produk Telur asap. 

Wawww Mantap bangetsss pak Kades ini perlu didukung apalagi bahannya sangat simpel pak Kades...persiapkan Telur, Garam, Abu Rau, Kayu Kasambi kering, Daun Kasambi Langsung diolah pak Kades kalau soal pasaran saya ini admin Pasar Online ST pak Kades, saya bisa bantu promosi pak Kades... kita harus mendukung usaha masyarakat apalagi saya punya akun Blogger lebih mudah pak Kades intinya masyarakat mau untuk kembangkan usaha ini Pak Kades 😊🤭 wahhh pak Kades cerita kita batal dilanjutkan pak Kades.. alarmnya berbunyi pak Kades bilangnya telur asapnya sudah matang saatnya Panelis untuk mencoba, ayo pak Kades kita coba ya pak Kades... Setelah mencoba telur asap Ternyata mantap bangetss rasanya wawww bangetss gayss warna telurnya coklat guysss cocok untuk dipasarkan... 😊


humbaonline.blogspot.com

Komentar